Yuk Mengenal BPR Lebih Dekat!

Ilustrasi bank

BPR atau Bank Perkreditan Rakyat merupakan suatu lembaga keuangan yang mana dapat menerima adanya simpanan yang mana bentuknya adalah deposito berjangka, bisa juga dalam tabungan, atau bentuk – bentuk yang lain yang bisa dipersamakan sebagai usaha BPR. Nah, kali ini, untuk mengenal BPR lebih lanjut, Saya ingin mengulas sedikit informasi dasar agar nantinya selain mengetahui informasi bank umum, Anda juga bisa mengetahui sedikit tentang BPR ini atau bank perkreditan rakyat terutama Anda yang ingin melakukan penyimpanan dan peminjaman agar memenuhi syarat pinjaman uang di BPR. Penasaran? Simak ulasan berikut ini ya!

Usaha Pada BPR

BPR juga melakukan usaha seperti selayaknya bank umum. Untuk menjalankan usahanya, BPR melakukan penghimpunan data serta melakukan penyaluran dana demi tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang mana didapatkan dari spread effect serta pendapatan bunga.

Fungsi BPR

Sebagai bank perkreditan sesuai dengan namanya, nyatanya fungsi BPR tidak hanya sebatas menyalurkan kredit para pengusaha UMKM saja, namun juga bersedia untuk melakukan penyimpanan uang dari masyarakat sekitar.

Proses kredit pun juga dapat dilakukan dengan mudah dan menggunakan prinsip 3T yang mana tepat waktu, tepat jumlah, serta tepat sasaran. Dengan memenuhi syarat pinjaman uang di BPR, dan melakukan sesuai dengan prosedur, sudah dapat membantu Anda untuk mendapatkan kredit di BPR. Karena sebenarnya syarat pinjaman uang di BPR pun juga tidak sulit dan umum digunakan sebagai syarat pinjaman uang di beberapa bank umum.

Bagaimana Status Lembaga Perbankan Dari BPR Ini?

Untuk BPR sendiri, memang merupakan sebuah lembaga perbankan resmi yang diatur di dalam UU No. 7 tahun 1992 tentang perbankan dan kemudian mengalami perubahan dengan UU No. 10 tahun 1998. Pada Undang – Undang tersebut memang sudah dijelaskan bahwa terdapat 2 jenis bank, yang mana satu diantaranya adalah bank umum dan satu lainnya adalah BPR ini.

Nah, itu dia sekilas ulasan mengenai BPR dan bagaimana cara kerja dari BPR. Sekali lagi, untuk Anda yang ingin melakukan penyimpanan dan peminjaman agar memenuhi syarat pinjaman uang di BPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *