Jenis-jenis Kemasan yang Sering Digunakan Untuk Pengiriman Luar Negeri

pengiriman luar negeri

Dalam Jasa pengiriman luar negeri, salah satu hal yang wajib diperhatikan packing atau pengemasan paket yang akan dikirim. Setiap pengirim tentunya berharap agar produk yang dikirimkan tidak rusak selama proses perjalanan pengiriman. Untuk memastikan produk tersebut sampai di tempat tujuan dengan aman, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis material packaging yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut.

Bubble Wrap

Ini adalah plastik dengan tekstur bergelembung. Plastik ini dapat digunakan packaging berbagai macam produk karena sifatnya yang mampu melindungi dari benturan. Jenis barang yang biasanya dilengkapi dengan kemasan bubble wrap adalah barang elektronik atau barang pecah belah yang lain. Tujuan dari bubble wrap adalah memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap barang agar lebih aman serta mengurangi resiko rusak maupun pecah.

PE Foam

Kemasan yang biasanya sering digunakan untuk Jasa pengiriman luar negeri ini adalah bahan polyethylene yang sudah diekstrusi sehingga berbentuk seperti busa yang mampu memberikan ketahanan terhadap benturan dan goresan serta tahan air. Sekarang ini ada banyak PE Foam yang dijual sesuai kebutuhan Anda baik dari segi ukuran maupun ketebalan.

Shrink Film

Ini adalah material yang dibuat dari plastik polymer. Saat bahan ini terkena panas, maka kemasan ini akan menyusut dengan ketat di area yang terbungkus oleh material ini. Penggunaan panas pada material ini dapat menggunakan mesin pemanas langsung pada produk bersama dengan shrink film. Produk ini sangat umum digunakan sebagai pembungkus berbagai macam packaging misalnya kaleng minuman, kotak, karton, dll. Berbagai macam produk dapat dibungkus rapat dengan shrink wrap supaya produk tersebut tetap bersih, tidak berubah, serta terlindung dari cairan dan benda-benda lainnya yang dapat merusak paket.

Strapping Band

Ini merupakan perlengkapan packaging yang digunakan kemas agar tetap kuat selama proses pengiriman. Selain itu strapping band tersebut juga tidak menyerap air.

Kantong Plastik PP

Kantong plastik PP biasanya digunakan kemasan gadget atau alat – alat elektronik. Plastik ini memiliki permukaan yang cenderung licin. Jenis plastik PP paling sering digunakan untuk pembungkus makanan. Namun untuk pengiriman paket, plastik ini juga sering digunakan untuk mengemas paket.

Koran Bekas

Koran dapat menggantikan semua bahan kemasan di atas. Anda hanya perlu menyesuaikan berapa banyak koran bekas yang dibutuhkan dengan barang yang akan dikirim. Koran bekas yang banyak dan dihancurkan dapat melindungi barang paket dengan aman, khususnya dari benturan. 

Demikian beberapa jenis bahan yang sering digunakan pengemasan paket untuk Jasa pengiriman luar negeri maupun domestic. Keunggulan dari penggunaan bahan tersebut adalah kedap air sehingga dapat melindungi barang yang dipaketkan dengan baik. Selain menggunakan kemasan di atas, biasanya di bagian luar paket tersebut masih akan ditambah dengan kemasan lain seperti kardus atau kotak kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *