Bekal Dalam Memulai Bisnis percetakan offset

tips dalam memulai usaha percetakan offset

Banyak pilihan-pilihan bisnis yang bisa ditekuni di era milenial seperti sekarang ini. Namun, memilih berbisnis dalam bidang percetakan offset menjadi salah satu pilihan yang banyak digemari. Terbukti, banyak ruko-ruko baru  yang diisi oleh pembisnis digital printing. Sepertinya bisnis dalam bidang digital printing memang menjadi sasaran lezat untuk ditekuni. Nah, bagi pemula yang ingin bergelut dalam bidang bisnis digital printing, sudah sepatutnya bila mempersiapkan amunisi untuk menyusun rukonya supaya lengkap dan pastinya siap melayani dengan hasil yang maksimal.

Persiapan-persiapan apa saja yang harus dipenuhi dalam berbisnis di bidang percetakan offset ini, simak pemaparan berikut ini.

Faktor-faktor penting dalam mempersiapkan bisnis digital printing:

  1. Mesin percetakan offset
    Tentunya dalam hal memulai bisnis digital printing, hal terpenting adalah ada alatnya. Alat yang dimaksud adalah mesin digital printing. Mesin terseut menjadi obyek pertama yang harus ada dan harus dipersiapkan dengan baik. Apabila salah dalam pemilihan, menjadikan bisnis tersebut menjadi tidak berkembang atau justru gulung tikar. Maka, dalam memilih mesin digital printing perlu dengan cermat meneliti spare part atau segala aspek dalam mesin tersebut. Lebih detailnya sudah dijelaskan pada bekal dalam memulai bisnis digital printing bagian satu.
  1. Daya Listrik
    Cek daya listrik yang diperlukan pada tempat usaha, apakah mencukupi untuk kegiatan operasional dalam bekerja. Namun, jangan hanya cukup. Diusahakan masih ada daya tersisa dari total kebutuhan operasional, setidaknya 30%. Diharapkan dari daya yang tersisa tersebut bisa digunakan sebagai alat penunjang dalam bekerja yang lain yang sekiranya memerlukan aliran listrik.
    Pergunakan grounding Terkait grounding listrik bisa di konsultasikan kepada pihak PLN atau pihak yang paham tentang listrik. Hal tersebut bermanfaat untuk merawat masa mesin digital printing supaya lebih bertahan lama.
    Pergunakan stabiliser. Manfaat dari menggunakan stabiliser adalah supaya tegangan listrik bisa stabil. Apabila stabil bisa membuat umur dari mesin digital printing menjadi berumur panjang.
    Persiapkan UPS online. Ini digunakan apabila di tempat bekerja tersebut sering terjadi gangguan atau pemadaman listrik. Terakhir, atur tata letak stop kontak sebelum menginstalasi mesin percetakan offset. Atur senyaman mungkin, enak dilihat, tidak berceceran di mana-mana, rapi dan praktis.

  2. Ruang Produksi Mesin
    Atur tata letak ruang produksi. Dimaksudkan agar mampu memberi ruang yang nyaman dan bebas bergerak. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dimensi masing-masing komponen. Mulai dari ruang kerja utama sampai dengan ruang kerja finishing.
  3. Komputer Meja
    Tentukan jumlah komputer yang ada pada medan kerja Anda. Minimal ada dua. Karena mesin digital printing seperti printer dekstop dia memerlukan komputer sebagai pengoperasi programnya. Mengapa diperlukan dua, karena satu digunakan desain grafis, sedangkan satunya untuk mengoperasikan mesin percetakan offset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *